Makalah metabolisme asam amino

Apabila alanin transaminase terdapat dalam jumlah banyak, maka alanin yang dihasilkan dari reaksi transaminasi akan diubah menjadi asam glutamat. DHAP dapat secara langsung masuk ke glikolisis dan glukoneogenesis di dalam hati khususnya. Latar Belakang Tubuh manusia terdiri dari jutaan sel-sel, di mana masing-masing sel membutuhkan energi untuk kehidupannya.

Sifat umum protein fiber ialah tidak larut dalam air dan sukar diuraikan oleh enzim. Protein yang terdapat dalam makanan kita dicernakan dalam lambung dan usus menjadi asam-asam amino, yang di diabsorpsi dan dibawa oleh darah ke hati.

Protein sendiri mempunyai banyak sekali fungsi di tubuh kita.

METABOLISME ASAM AMINO

Pada umumnya gugus R polar terletak di sebelah luar rantai polipeptida, sedangkan gugus R yang hidrofob terletak di sebelah dalam molekul protein.

Protein merupakan salah satu asupan gizi yang penting dalam tubuh makhluk hidup. Molekul protein mengandung fosfor, belerang, dan ada jenis protein yang mengandung unsur logam seperti besi dan tembaga Winarno, Yang lainnya berbentuk fruktosa dan galaktosa, tetapi kedua bentuk ini pun akan segera diubah ke dalam bentuk glukosa setelah diserap.

Kedua enzim tersebut berperan sebagai katalis dalam reaksi transaminsai. Asam amino sendiri memiliki fungsi penting dalam pencernaan makhluk hidup sehingga dapat disebut sebagai metabolisme asam amino. Gambar 6. Isomerisme pada asam amino Dua model molekul isomer optis asam amino alanin Karena atom C pusat mengikat empat gugus yang berbeda, maka asam amino kecuali glisina memiliki isomer optik: Protein majemuk Conjugated Protein Protein majemuk terdiri atas bagian asam amino yang berikatan dengan bahan non protein misalnya lipid, asam nukleat, karbohidrat dan lain-lain.

Factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim antara lain suhu, pH, zat peghambat Inhibitoractivator dan konsentrasi.

MAKALAH Metabolisme Asam Amino

Struktur primer protein bisa ditentukan dngan beberapa metode: Biasanya dapat ditemukan pada jenis buah-buahan, jenis daging seperti ayam, sapi, ikan, berbagai jenis sayuran dan kacang-kacangan. Gugus amina akan diubah menjadi urea untuk dikeluarkan dalam bentuk urin, sedangkan rangka karbon akan digunakan sebagai sumber energi.

Katabolisme Asam Amino di Tubuh Manusia

Perubahan asam aspartat menjadi homoserin tidak berlangsung dalam mamalia. Biosintesis Asam Amino a. Penggolongan Protein Ditinjau dari strukturnya protein terbagi dalam dua golongan besar, yaitu golongan protein sederhana dan protein gabungan.

Kebutuhan akan protein bertambah pada perempuan yang mengandung dan atlet-atlet. Disetiap pembagian metabolisme proses yang terjadi juga berbeda. Protein sederhana dapat dibagi dalam dua bagian menurut bentuk molekulnya, yaitu protein fiber dan protein globular.

makalah METABOLISME PROTEIN

Dekarboksilasi adalah proses degradasi asam amino yang menghasilkan senyawa amin. Contoh asam amino yang mengalami deaminasi non oksidatif adalah serin. Beberapa enzim antara lain pepsin tripsin katalase dan urease dapat diperoleh dalam bentuk kristal.

Proses inilah yang mempunyai peranan penting dalam tubuh kita. Protein dalam bahan makanan yang dikonsumsi manusia akan diserap oleh usus dalam bentuk asam amino. Metabolisme disebut juga reaksi enzimatis karena metabolisme terjadi selalu menggunakan katalisator enzim.

Kemudian mRNA hasil transkripsi di proses lebih lanjut di ribosom atau retikulum endoplasma, disebut sebagai translasi. L-gulonat merupakan bahan baku untuk membuat asam askorbat.

Sorbitol tidak seperti glukosa, dia tidak bisa melewati membran sel akibatnya sorbitol terjebak didalam sel. Dalam keadaan berpuasa, konsentrasi asam amino dalam darah biasanya 3,5 sampai 5 mg per ml darah.

Anabolisme karbohidrat yang termasuk proses fotosintesis, siklus Calvin proses penggunaan ATP dan NADPH untuk mengubah CO2 menjadi gulakemosintesis penyusunan bahan organic dengan menggunakan energi dari pemecahan senyawa kimia.

Katabolisme Katabolisme merupakan reaksi penguraian senyawa yang kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan enzim. Urea kemudian akan dikeluarkan bersama dengan urin. Dalam sebagian besar bakteri arginin merupakan hasil akhir, oleh karena tidak adanya enzim arginase yang mengubahnya menjadi urea dan ornitin.

· Makalah Biokimia Asam Amino dan Protein Disusun oleh: Indriyani Asam amino merupakan zwitter ion, berfungsi mengatur metabolisme glukosa, hormone adrenokortikotrop.

· Tujuan dari pembuatan makalah yang berjudul “Metabolisme bahan bakar jangka pendek superior untuk organisme karena mereka mudah untuk metabolisme dari lemak atau bagian-bagian asam amino dari protein yang digunakan Author: ASUHAN KEPERAWATAN KESEHATAN.

· Unit dasar penyusun struktur protein adalah asam amino. Penting dalam metabolisme lemak dan asam lemak, pertumbuhan otot dan kesehatan Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua orang dan dapat diterapkan dalam. · home» makalah biokimia» metabolisme asam amino.

4/11/12 makalah biokimia. metabolisme asam amino tugas makalah biokimia metabolisme asam amino. disusun oleh: novalila azni anita rohmah sf. · Makalah Biokimia "ASAM AMINO" Unit pembangun dalam semua jenis protein adalah asam amino.

METABOLISME PROTEIN DAN ASAM AMINO, lawsonforstatesenate.com, diakses 8 oktober Tri Rini Nuringtyas, Author: Indah Djumati. Jenis-jenis asam amino, MAKALAH BIOKIMIA (Asam Amino dan Protein) Maret 23, Mei 20, Beberapa asam amino bukan protein ini memiliki fungsi penting sebagai sumber atau senyawa antara dalam metabolisme.

b-alanin.

Makalah metabolisme asam amino
Rated 0/5 based on 62 review