Jenis diet pada pasien dm tipe 2

STRESS PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE-2

Gabungan dari gangguan biokimia yang disebabkan karena insufisiensi insulin yang menjadi penyebab jenis penyakit vaskuler. Melakukan kegiatan ibadah yang teratur, percaya diri bertambah dan pandangan positip berkembang.

KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT DAN KEBERHASILAN TERAPI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2

Resistensi insulin Normalnya insulin akan terikat dengan reseptor khusus pada permukaan sel. Di dalamnya terdapat kumpulan sel yang disebut pulau-pulau Langerhans yang berisi sel beta. Diabetes Melitus merupakan suatu kumpulan problema anatomik dan kimiawi yang merupakan akibat dari sejumlah faktor dimana didapat defisiensi insulin yang absolut atau relatif gangguan fungsi insulin WHO, Komplikasi yang berkaitan ke dua tipe Diabetes Melitus diatas di golongkan, antara lain: Menurut purbamengatakan bahwa ada hubungan antara jenis kelamin, pendidikan, dan pengetahuan gizi terhadap tingkat kepatuhan diet.

Tujuan diet Diabetes Mellitus Tipe 2 a. Diet rendah kalori Bagi para pasien DM tipe 2 yang mempunyai berat badan berlebih penurunan berat badan harus diperhatikan dan didorong dengan mengukur berat secara teratur.

Disamping itu penderita diabetes juga harus menggunakan cara-cara yang positif untuk mengatasi rasa stress, seperti mengikuti kegiatan yang positif, misalnya dengan ikut simposium tentang diabetes, beribadah, aktivitas fisik, atau rekreasi dan berpikir positif untuk kesehatan tubuhnya dengan menerima penyakitnya dengan rasional dan optimis, segera merubah pola hidup semula dengan pola hidup DM dengan harapan kesehatannya akan dapat dipertahankan untuk menjamin kesejahteraannya di hari tua.

Variabel demografi seperti usia, jenis kelamin, status sosio ekonomi dan pendidikan. Ini disebabkan oleh karena pada jenis ini timbul reaksi otoimun yang disebabkan karena adanya peradangan pada sel beta insulitis.

Meningkatkan kerja insulin. Resistensi insulin pada diabetes tipe II disertai dengan penurunan reaksi intrasel ini.

Manajemen Stress. Ada tiga jenis terapi diet untuk penderita DM antara lain: Apakah biaya menjadi masalah? Berbicara dengan orang lain teman, anggota keluarga, perawat tentang masalahnya dan mencari jalan keluar dari informasi orang lain. Menghasilkan kebugaran dan nyaman tubuh karena pengendalian gula darah dapat menghilangkan keluhan mudah lelah, sering pusing atau sakit kepala, kram, kesemutan, gatal-gatal dan sebagainya.

Hasil anamnesa gizi pada saat konsultasi yang ke-2 menunjukkan ternyata kepatuhan pasien dalam menjalankan dietnya hanya di lakukan pada saat pasien tinggi kadar gulanya.

Lemak ini akan memblokir kerja insulin sehingga glukosa tidak dapat diangkut kedalam sel dan menumpuk dalam peredaran darah. Pruritus, infeksi pada kulit terjadi karma infeksi yang diakibatkan oleh bakteri den jamur sering terlihat secara umum. Faktor-faktor lain adalah: Pengidap penyakit ini hares mendapat insulin pengganti.

Smeltzer pada diabetes tipe 11 terdapat dua masalah utama yang berhubungan dengan insulin, yaitu: Cara —Cara Meningkatkan Kepatuhan Cara —Cara Meningkatkan Kepatuhan Menurut Smet menyebutkan beberapa strategi yang dapat dicoba untuk meningkatkan kepatuhan, antara lain: Berbagi pengalaman dengan penderita lain yang 55 Medica Hospitalia Vol.

Sel-sel tubuh menjadi lenih sensitive terhadap insulin. In the vascular system, there can be events such as strokes and heart atta Medica Hospitalia Med Hosp ; vol 1 1: Hal itu disebabkan LIuk-osa merupakan sumber energi, dan tenaga tubuh.

Jika satu saraf mengalami kelainan fungsi mononeuropatimaka sebuah lengan atau tungkai biasa secara tiba-tiba menjadi lemah.

Polifagia peningkatan rasa lapar akibat keadaan pasca absorptif yang kromk, katabolisme protein dan lemak, dan kelaparan relatif sel — sel. Pemanis dapat digunakan secukupnya. Biguanid Obat ini menurunkan kadar glukosa darah tapi tidak sampai dibawah normal.

Memberikan informasi yang jelas kepada pasien tentang penyakitnya dan cara pengobatanya. Tanda dan gejalanya adalah sebagai berikut: Resistensi insulin pada Diabetes Melitus tipe II disertai dengan penurunan reaksi intra sel yang mengakibatkan tidak efektifnya insulin untuk menstimulasi pengambilan glukosa oleh jaringan.

Diabetes melitus tipe 2

Libatkan pasien; ciptakan suasana dimana pasien menyadari kalau anda tertarik dan peduli dan bersedia untuk membantu menangani masalah yang berhubungan dengan obat. Koping yang perlu dikembangkan, melibatkan proses kognitif, afektif dan psikomotor, antara lain5: Kriteria hasil: · Dalam tahap ini, perawat harus mengetahui berbagai hal di antaranya bahaya-bahaya fisik dan perlindungan pada klien, tehnik komunikasi, kemampuan dalam prosedur tindakan, pemahaman tentang hak-hak dari pasien serta dalam memahami tingkat perkembangan pasien.

Dalam pelaksanaan rencana tindakan terdapat dua jenis tindakan, yaitu tindakan jenis mandiri dan tindakan kolaborasi. Dengan Kepatuhan Diet Diabetes Pada Pasien Diabetes Tipe II Di Puskesmas Sempaja, Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 pertama kali diidentifikasi sebagai dua penyakit yang berbeda pertama kali oleh dokter India Sushruta dan Charaka pada tahun M dengan type 1 berhubungan dengan usia muda dan tipe 2 dengan kelebihan berat lawsonforstatesenate.com E Kata kunci: Stres, diabetes mellitus tipe-2, penatalaksanaan diet Keywords: stress, type-2 Diabetes mellitus, diet PENDAHULUAN Prevalensi Diabetes Mellitus (DM) di Indonesia semakin meningkat, tahun diperkirakan sebanyak 8,2 juta penduduk menderita DM.

Jumlah kasus DM yang ditemukan di Propinsi Jawa Tengah tahun sebanyak kasus, terdiri dari DM tipe 1 sebanyak dan DM Tipe 2 sebanyak kasus (Fatmawati, ).

Kegagalan untuk mengontrol gula darah dalam jangka panjang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai penyakit dan pengobatan serta ketidakpatuhan lawsonforstatesenate.com: Ernawidiasmini.

Pada DM Tipe 2 jumlah insulin normal, malah mungkin lebih banyak tetapi reseptor insulin yang terdapat pada permukaan sel kurang.

Reseptor inSulin ini diibaratkan sebagai lubang kunci pintu masuk ke dalam sel. Pada keadaan tadi jumlah lubang kuncinya yang kurang, hingga meskipun anak kuncinya (insulin) banyak, tetapi karena lubang kuncinya (reseptor) kurang, maka glukosa yang masuk sel akan.

Jenis diet pada pasien dm tipe 2
Rated 4/5 based on 32 review